Tentukan Tujuan Sebelum Memilih Bahasa Pemrograman yang Tepat



    Dalam perkembangan programming saat ini, tidak lagi sesulit mempelajari bahasa pemrograman pada awal-awal perkemangan dunia programming di tahun 90-an. Pada saat itu masih dalam masa transisi dari berbagai konsep yang masih belum stable (stabil), hal itu tentu membari banyak masalah bagi programmer pada masa itu. 

   Terlebih lagi dalam dunia dokumentasi dari setiap bahasa pemrograman yang tidak sebesar dan semudah ketika era internet sudah memasuki tahun 2000 -an. Walaupun begitu passionet yang muncul dari para inventor di bidang teknologi, membuat bermunculan programming lenguage baru. Terhitung hingga saat ini terdapat lebih dari 700 bahasa pemrograman yang bisa kita gunakan, padahal pada awalnya hanya ada dua bahasa pemrograman yang mendominasi pada awal tahun 90-an sampai 2000, yaitu Java dan bahasa C. 

   Seiring berjalannya waktu mulai muncul pengkotakan dan spesialisasi dari setiap bahasa pemrograman, misalkan saja kita mengatahui yang namanya: Web Development untuk membangun dan mengembangkan website, dengan bahasa pemrograman HTML, CSS, JAVASCRIPT, PHP. Kemudian di bagi lagi menjadi dua sisi, yang pertama Front-End dan Back-end. Kemudian untuk Software & Mobile App Development bahasa yang di gunakan JAVA, C, SWIFT, REACT. dan untuk penanganan data dengan jumlah sangat besar, maka gunakan bahasa R atau Python yang bisa meng-handle data dalam jumlah yang sangat besar.


     Ketika baru memulai belajar bahasa pemrogramman atau sering disebut sebagai Newbie (Termasuk penulis juga pemula). Kita tentu saat pertama kali bingung memilih bahasa yang tepat untuk dipelajari, lalu apa bahasa yang harus kita pilih. 

      Langkah awal sebelum kita memilih sebuah bahasa pemrograman adalah ketahui apa tujuan dari diri kita sendiri, sebagai contoh kita tertarik dengan website maka pilih lah bahasa yang memiliki korelasi dengan pengembangan website, atau tertarik dalam ilmu data maka kita bisa fokus dalam bahasa R atau Python. Ketika kita sudah mengetahui tujuan utama maka selanjutnya tinggal kita tentukan bahasa mana yang paling cocok sebagai pemula, seperti HTML dan CCS. 

    Pastika fokus dalam satu bidang pemrograman terlebih dahulu, hingga bisa memasuki level spesialisasi dalam bidang tersebut. Ketika kita sudah dapat menguasai salah satu bidang pemrograman maka berbgai konsep bahasa pemrograman lain akan dengan mudah kita pelajari.


0 Response to "Tentukan Tujuan Sebelum Memilih Bahasa Pemrograman yang Tepat"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel