33 Bahaya mengkonsumsi rokok bagi tubuh manusia

    Mengkonsumsi rokok memiliki dampak yang sangat buruk kepada tubuh, hingga saat ini banyak sekali orang yang mengkonsumsi rokok setiap hari.  Hingga mereka pada akhirnya mengalami kecanduan/addiction terhadap rokok,  orang yang mengkonsumsi rokok  orang yang mengkonsumsi rokok ada yang disebut Perokok pasif dan perokok aktif.  Seorang yang Perokok pasif adalah mereka yang terpapar  asap rokok,  sedangkan perokok aktif adalah mereka yang mengkonsumsi rokok dan menghisap asap rokok.

sumber : cnbc

   Mereka yang merokok jarang menyadari bahwa bahaya dari rokok itu sendiri sangatlah berbahaya terutama bagia keluarga dan orang-orang di sekitarnya. Ketergantungan akan rokok menjadi momok tersendiri bagi mereka yang ingin mengentikan kebiasaan ini, tetapi bukanlah perkara yang mudah untuk menghentikan kebiasaan merokok. Diperlukan proses yang panjang dan berangsur-angsur hingga pada akhirnya bisa berhenti total.


   Merokok memang memberikan berbagai dampak yang sangat buruk kepada tubuh berbagai macam penyakit akan menyerang tubuh orang yang sering merokok mulai dari penyakit kanker baik itu kanker paru paru obstruktif kronis penyakit jantung koroner dan berbagai penyakit bahaya lainnya.

   
    Haysehat.com telah merangkum berbagai dampak dari perokok baik itu Perokok pasif maupun perokok aktif, selengkapnya simak dan pahami bahaya rokok dibawah ini.

1. Fertilitas (kesuburan)
Bahaya merokok terhadap reproduksi dan kesuburan cukup fatal, karena kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko impotensi (disfungsi efeksi), kerusakan sperma, mengurangi jumlah sperma dan menyebabkan kanker testis.

2. Bau mulut dan kerusakan gigi
Bahaya merokok dapat menyebabkan bau mulut dan gigi bernoda. Hal ini juga dapat menyebabkan penyakit gusi dan kerusakan indera perasa. Bahaya rokok paling serius adalah meningkatkan risiko mengembangkan kanker pada lidah, tenggorokan, dan bibir.


3. Penuaan dini

Bahaya rokok dapat mengurangi jumlah oksigen ke kulit sehingga dapat mempercepat penuaan dan kulit tampak kusam dan berwarna abu-abu.
Merokok di usia muda antara 10-20 tahun dapat menyebabkan kerutan di wajah, terutama di sekitar mata (kantung mata) dan mulut, tiga kali lebih mungkin.

4. Tulang rapuh
Bahaya rokok bagi kesehatan berkutnya dapat menyebabkan tulang cepat lemah dan rapuh. Terutama wanita perokok, 5-10% lebih mungkin untuk menderita osteoporosis dibandingkan non-perokok.

5. Penyakit pencernaan
Baghaya rokok bagi kesehatan lainnya dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker perut, rsiko kanker ginjal, pankreas, dan kandung kemih.

6. Penyait paru obstruktif kronik (PPOK)
Bahaya merokok bagi kesehatan dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). PPOK adalah penyakit progresif yang membuat seseorang sulit untuk bernapas. Banyak perokok tidak tahu bahwa mereka telah terkena penyakit ini hingga sudah terlambat. Tidak ada obat untuk penyakit ini dan belum ada cara untuk menyembuhkannya.

7. Serangan jantung
Karbon monoksida dari rokok mengambil oksigen dalam darah dan menyebabkan risiko mengembangkan kolesterol mengendap di dinding arteri. Efek ini meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.


8. Rheumatoid arthritis

Radang sendi atau rheumatoid arhtritis adalah penyakit radang kronis dan lebih sering terjadi pada wanita yang memengaruhi persendian di tangan dan kaki. Penyakit ini menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan dan pada akhirnya menyebabkan tulang keropos dan kelainan bentuk sendi.

9. Diabetes tipe 2
Bahaya merokok bagi kesehatan ini juga tak kalah berbahaya, karena menyebabkan diabetes tipe 2 dan meningkatkan risiko komplikasi penyakit, termasuk menghambat aliran darah ke kaki. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi dan mengakibatkan amputasi kaki.

10. Kanker
Kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian akibat kanker pada pria dan wanita, karena sangat sulit untuk diobati.
Bahaya merokok bagi kesehatan menyebabkan berbagai kanker, karena asap rokok mengandung ribuan bahan kimia di dalamnya.


11. Menyebabkan Kecanduan

Kandungan nikotin yang ada pada rokok bisa melesak pada reseptor-reseptor otak. Dampaknya jadi mengaktifkan area-area di otak untuk menciptakan perasaan senang dan bahagia. Sehingga bisa memicu kecanduan. Kalau sudah kecanduan, menghentikannya akan susah karena malah menimbulkan perasaan gelisah dan gampang marah.

12. Berisiko Tinggi Terkena Demensia
Kebanyakan merokok bisa membuat otak melemah dan mengerut. Bahkan bisa menyebabkan penurunan kemampuan kognitif. Lama kelamaan dampak lebih buruknya bisa meningkatkan risiko mengalami demensi dan Alzheimer sebanyak 79%. Perokok pun kerap mengalami insomnia dan gangguan tidur yang juga nantinya bisa meningkatkan risiko demensia beberapa tahun mendatang.


13. Suplai Oksigen ke Otak Terhambat

Ada fakta mengejutkan lagi. Keseringan merokok juga bisa mempengaruhi IQ. Suplai oksigen ke otak bisa berkurang dan kadar karbondioksida malah meningkat, sehingga mempengaruhi hemoglobin. Efeknya pun bisa menurunkan kapasitas atau kemampuan menganalisis masalah dan menyelesaikan masalah.

14. Kemampuan Berkonsentrasi Malah Bisa Berkurang
Merokok nggak selalu bisa meningkatkan kemampuan untuk fokus. Malah bisa mengurangi kemampuan berkonsentrasi. Rasa letih luar biasa justru akan jadi efeknya ketika suplai oksigen ke otak berkurang.

15. Meningkatkan Risiko Terkena Stroke Otak
Kandungan nikotin di darah menyebabkan darah jadi lebih kental. Dampaknya bisa meningkatkan risiko pengendapan plak di arteri. Jika hal ini dibiarkan bisa meningkatkan risiko stroke otak. Pada perokok, risiko kematian yang disebabkan oleh stroke lebih tinggi dua kali lipat dibandingkan non-perokok.

16. Mulut dan tenggorokan bau
Mulut dan gigi bernoda merupakan efek yang akan timbul akibat merokok. Penyakit gusi dan kerusakan indera perasa pun dapat timbul akibat bahaya merokok. Masalah serius yang akan hinggap pada mulut dan tenggorokan adalah meningkatnya risiko kanker pada lidah, tenggorokan, bibir, dan pita suara.


17. Paru-paru
Salah satu efek paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel paru-paru yang kemudian bisa berubah menjadi sel kanker. Penyakit serius lainnya yang bisa Anda alami adalah bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

18. Lambung
Merokok bisa melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan Anda. Hal tersebut memungkinkan asam dari lambung bergerak ke arah yang salah, yaitu naik ke kerongkongan. Kondisi tersebut dinamakan penyakit asam lambung atau GERD. Beberapa risiko penyakit lambung lainnya yang dapat terjadi pada seorang perokok adalah ulkus atau tukak lambung dan kanker lambung.

19. Tulang
 Racun pada rokok bisa menimbulkan kerapuhan pada tulang. Oleh sebab itu, perokok lebih berisiko mengalami tulang rapuh atau osteoporosis. Wanita perokok lebih rentan menderita osteoporosis dibanding dengan wanita bukan perokok.

20. Kulit
Perokok akan terlihat lebih tua daripada yang bukan perokok, karena kurangnya asupan oksigen ke kulit. Penuaan dini akan dirasakan, seperti kemunculan kerutan di sekitar mata dan mulut. Racun rokok juga bisa menyebabkan selulit pada kulit.

21. Organ reproduksi
 Merokok bisa mengganggu sistem reproduksi dan kesuburan Anda. Pada pria, merokok bisa menyebabkan impotensi, mengurangi produksi sperma, dan kanker testis. Sementara pada wanita, merokok dapat mengurangi kesuburan. Selain itu, risiko terkena kanker serviks pun lebih tinggi karena rokok mengurangi kemampuan alami tubuh dalam melawan infeksi human papillomavirus atau HPV.

22. Gangguan psikologis
Selain penyakit pada fisik, perokok juga mengalami tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak merokok. Selama ini mungkin Anda mengira merokok bisa membuat lebih rileks. Anda menganggap kandungan nikotin bisa menenangkan pikiran Anda, tapi ternyata itu salah. Yang membuat perokok gelisah dan cemas adalah gejala putus obat terhadap nikotin. Dengan merokok, kecanduan terhadap nikotin akan terpenuhi dan perokok merasa seperti rokok tersebut menurunkan stres.


23. Gangguan Kardiovaskular
Ketika Anda merokok, Anda akan lebih mungkin terkena serangan jantung. Perokok berisiko dua hingga empat kali lebih tinggi menderita penyakit jantung. Risiko lebih tinggi lagi jika Anda perokok wanita yang sedang mengonsumsi pil KB.
Saat merokok, Anda memasukkan zat-zat berbahaya yang bisa berdampak buruk bagi tubuh, khususnya jantung, contohnya zat nikotin. Ketika nikotin masuk ke tubuh, zat itu bisa mengurangi kadar oksigen yang dapat masuk ke darah. Zat yang bersifat candu ini juga bisa mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah, merusak pembuluh darah dalam jantung, dan meningkatkan kemungkinan terjadinya penggumpalan darah yang bisa memicu serangan jantung. Begitu juga dengan akibat-akibat buruk terhadap organ tubuh yang lainnya.


24. Otak
Bahaya merokok bisa meningkatkan risiko terkena stroke sebesar 50 persen. Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan otak dan kematian. Merokok juga dapat meningkatkan risiko mengalami aneurisma otak. Aneurisma otak adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Sewaktu-waktu bisa pecah dan mengakibatkan pendarahan di otak.

25.Kanker mulut
26.laring (kotak suara), faring (tenggorokan), dan Kerongkongan (tabung menelan)
27.Kanker ginjal
28.Kanker serviks
29.Kanker hati
30.Kandung kemih
31.Kanker pankreas
32.Kanker usus besar
33.Leukemia myeloid
Sumber : ateja ,fimela,doktersehat, alodokter

0 Response to "33 Bahaya mengkonsumsi rokok bagi tubuh manusia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel