28 Tips dan kunci menjaga kesehatan tubuh hingga usia tua

    Kesehatan merupakan harta yang paling mahal dan berharga di dunia ini, slogan ini benar adanya ketika seseorang terserang penyakit. Mereka akan menyadari betapa berharganya kesehatan, mulai dari mengkonsumsi obat-obatan hingga melakukan operasi. Untuk menghilangakan atapun hanya menringankan penyakit yang menyerang tubuh.

Sumber : lateet

   Sejak dini kebiasaan pola hidup sehat memberikan berbagai manfaat jangka panjang. Seperti negara tirai bambu yang mayoritas usia penduduk di sana berusia sampai 100 tahun. Sedangkan di Indonesia sendiri kebiasaan akan pola hidup sehat dari dulu hingga sekarang masih rendah, akan kesadaran kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar nya.

   Dibawah ini haysehat telah memberikan 28 tips dan kunci menjaga kesehatan tubuh hingga dapat terhindar dari berbagai penyakit hingga usia tua.

1. Konsumsi vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.
Makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik antara lain kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi. Anda juga bisa membeli suplemen vitamin D dan pilih yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena ini baik dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah Anda.

2. Olahraga rutin

Tetap aktif dengan melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa mulai dengan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki. Olahraga dengan teratur bisa membuat Anda bugar dan langsing.
Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.

3. Minum teh hijau

Teh hijau telah dikaitkan dengan kesehatan yang baik. Manfaat kesehatan teh hijau mungkin karena tingginya tingkat antioksidan, yang disebut flavonoid. Sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
Maka itu, karena mudah untuk dilakukan cara menjaga kesehatan tubuh yang satu ini sudah banyak dilakukan.

4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tidur minimal delapan jam setiap malam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuh lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri. Sementara, orang yang kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih.

5. Makan sayuran hijau

Sayuran hijau dan berdaun kaya akan vitamin yang membantu Anda menjaga diet seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.
Menurut sebuah peercobaan yang dilakukan pada tikus, makan sayuran criciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kol, dapat membantu mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein pada permukaan sel yang diperlukan untuk membuat kerja sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

6. Kelola stres Anda

Stres sudah terbukti dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat orang menjadi mudah terserang penyakit.
Kortisol membantu melawan peradangan dan penyakit. Pelepasan hormon secara konstan pada orang yang mengalami stres kronis ternyata dapat mengurangi kemampuan hormon tersebut.
Hal ini dapat mengakibatkan tubuh mengalami peradangan dan rentan terhadap penyakit. Jadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang tepat adalah dengan mengendalikan stres. Anda bisa coba lakukan latihan yoga atau meditasi untuk mengendalikan atau menghilangkan stres.

7. Bersosialisasi dengan orang disekitar

Rasa kesepian sering dikaitkan sebagai pemicu dari beberapa penyakit, terutama pada orang yang baru sembuh dari operasi jantung.
Penelitian yang diterbitkan dalam American Psychological Association menunjukkan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan stres, yang memperlambat respons kekebalan tubuh dan kemampuan untuk menyembuhkan dengan cepat.

8. Menjaga kebersihan

Cara menjaga kesehatan lainnya adalah dengan menjaga kebersihan diri maupun lingkukan sekitar. Dengan begitu, Anda terhindar dari serangan berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa cara menjaga kebersihan yang baik:
  • Mandi setiap hari
  • Cuci tangan Anda sebelum makan atau menyiapkan makanan, dan setelah makan.
  • Cuci tangan Anda sebelum memasukkan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat Anda bersentuhan dengan mata atau mulut.
  • Cuci tangan Anda selama 20 detik dan gosok di bawah kuku jari Anda.
  • Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu saat batuk atau bersin.

9. Coba konsumsi probiotik

Peneltian menunjukan bahwa orang yang mengalami stres yang mendapat probiotik, mengalami sakit dalam jangka waktu yang lebih sedikit.

10. Hindari alkohol

Penelitian menunjukan bahwa minum alkohol dapat merusak sel dendritik, yaitu komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Seiring berjalannya waktu, sering minum alkohol dapat meningkatkan seseorang terhadap infeksi bakteri dan virus.
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam di Journal Clinical and Vaccine Immunology membandingkan sel dendritik dan respons sistem kekebalan tubuh pada tikus yang diberi alkohol dengan yang tidak diberi alkohol.
11. Selalu berpikir positif
Men Sana In Corpore Sano adalah sebuah bahasa latin yang berarti ‘di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat’. Maksudnya adalah di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang tenang dan sehat juga. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala sesuatu yang menerpa Anda, selalu ingat setiap masalah pasti ada solusinya.

12. Atur waktu istirahat dengan baik

Cara menjaga kesehatan tubuh yang dapat dengan mudah dilakukan adalah dengan istirahat. Kelelahan setelah beraktivitas seharian merupakan salah satu penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Jadi, mengistirahatkan tubuh merupakan langkah yang tepat untuk menghilangkan rasa lelah tersebut.

13. Olahraga secara teratur

Cara menjaga kesehatan tubuh yang satu ini sering kali luput dilakukan banyak orang. Padahal cara ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh selalu bugar. Tidak hanya baik untuk kesehatan secara umum, cara ini juga bisa digunakan untuk mengelola masalah kesehatan lain seperti osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga kanker.
Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya Anda meluangkan waktu setidaknya 20-30 menit setiap harinya untuk olahraga.

14. Konsumsi makanan berserat

Cara menjaga kesehatan tubuh berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan berserat seperti, buah, sayur dan kacangan-kacangan setiap harinya. Makanan-makanan berserat mampu menjaga tubuh Anda dari serangan bakteri. Pastikan makanan yang Anda makan sudah higienis.

15. Makan dengan porsi wajar dan sehat

Cara menjaga kesehatan yang satu ini sering kali disepelekan, namun sebenarnya sangat berpengaruh pada kesehatan secara umum. Makan dengan porsi wajar sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Apabila Anda mengalami kegemukan, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

16. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Meski ini adalah cara menjaga kesehatan tubuh yang paling mudah, faktanya banyak orang tidak melakukannya dengan baik. Banyak artikel kesehatan menyarankan Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena melihat manfaat yang bisa didapatkannya. Minimal delapan gelas air putih perharinya merupakan jumlah yang harus dipenuhi untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

17. Menebarkan senyum dengan orang sekitar

Cara menjaga kesehatan tubuh lainnya adalah dengan tersenyum pada orang lain. Hal ini paling mudah dilakukan dan sangat dianjurkan untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain kesehatan jasmani, tersenyum juga berguna untuk kesehatan rohani Anda.

18. Menghindari rokok dan alkohol

Bagi Anda yang ingin kesehatannya terus terjaga dengan baik, mulai sekarang Anda harus berhenti untuk mengonsumsi alkohol. Dampak negatif yang bisa ditimbulkannya adalah masalah ginjal, hati, hingga kanker. Selain alkohol, rokok juga harus Anda hentikan karena memicu penyakit pernapasan, kardiovakular hingga kanker.

19. Menjaga berat badan ideal

Apakah berat badan Anda masuk dalam kategori ideal? untuk mengeceknya Anda bisa melakukan pengecekan indeks masa tubuh (IMT). Berbagai macam penyakit yang bisa terjadi akibat kelebihan berat badan adalah diabetes, kolesterol, jantung hingga stroke.

20. Menjaga tekanan darah tetap baik

Cara menjaga kesehatan tubuh lainnya adalah dengan mengendalikan tekanan darah. Jika Anda mampu menjaga tekanan darah dengan baik, maka hal ini dapat mencegah kerusakan di dinding arteri. Rutinlah periksakan tekanan darah pada ahli kesehatan.

21. Aktivitas seksual yang aman

Cara menjaga kesehatan tubuh yang terakhir ini harus menjadi perhatian bagi seseorang yang sering bergonta-ganti pasangan seksual. Meski seks sendiri adalah sesuatu yang positif, faktanya seks juga bisa membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, seks yang aman seperti penggunaan kondom bisa digunakan untuk mencegah penyakit menular seksual.

22. Refreshing setiap akhir pekan

Banyak macam kegiatan seru yang bisa dilakukan setiap akhir pekan setelah kita disibukkan dengan hari kerja yang melelahkan selama sepekan. Agar kondisi tubuhmu tetap bugar sampai bertemu hari kerja berikutnya, maka sempatkanlah hari libur akhir pekanmu dengan kegiatan refreshing yang santai dan menyenangkan untuk menghilangkan sejenak rutinitas pekerjaan di kantor. Travelling dan tamasya ke destinasi wisata favorit seperti di pantai, pegunungan, maupun acara outbond bisa kamu coba bersama teman, sahabat, maupun keluarga.

23. Menjaga asupan gizi makanan


Di era sekarang ini tidak jarang ditemukan berbagai macam makanan yang seringkali tidak luput dari bahan makanan yang terkontaminasi oleh zat berbahaya, yang tentunya juga bisa mempengaruhi kondisi badanmu. Oleh karena itu, diupayakan agar kita lebih selektif dalam memilih dan memilah makanan apa saja yang baik dan tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, asupan gizi makanan yang baik juga berpengaruh terhadap produktifitas kerjamu. Usahakan agar kamu membiasakan mengkonsumsi makanan yang sehat, mengandung gizi yang cukup, dan menghindari makanan minuman yang serba instan.
24. Minum Teh Hijau

Minum teh hijau merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Teh hijau dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

25 .Jaga berat badan ideal
Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit. Penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan kanker, rentan untuk diderita penderita obesitas atau kelebihan berat badan.  Untuk mengontrol berat badan, Anda dapat melakukan pengecekan indeks masa tubuh (IMT).
26. Lindungi kulit Anda
Anda disarankan untuk menggunakan tabir surya, agar kulit terlindungi dengan baik. Selain itu, gunakan pakaian berlengan panjang atau topi bertepi lebar saat beraktivitas di luar ruangan, agar kulit tetap terlindungi, sebab paparan sinar matahari dalam jangka panjang tak hanya menyebabkan kulit terbakar, tetapi juga dapat meningkatkan risiko penuan dini dan kanker kulit.

27. Aktif bergerak

Tetap aktif dengan olahraga teratur seperti berjalan kaki tiga kali seminggu selama 30 menit dapat membantu mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres serta melepas hormon yang berkaitan dengan stres, dan mempercepat sirkulasi sel darah putih yang melawan penyakit. Sehingga, tubuh pun dapat melawan berbagai penyakit, termasuk flu yang kerap menyerang di musim pancaroba.

28. Konsumsi vitamin C

Hingga kini memang belum ada bukti bahwa vitamin C dapat mengurangi keparahan atau mempercepat penyembuhan penyakit.
Namun, sebuah penelitian tahun 2006 dalam European Journal of Clinical Nutritionsmenyatakan bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menangkal pilek dan flu, terutama pada mereka yang sedang stres.
Sumber : alodokter, klikdokter, doktersehat, halosehat.




0 Response to "28 Tips dan kunci menjaga kesehatan tubuh hingga usia tua"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel